Pintu Penjara Tidak Bisa Dikunci Karena Ada Kyai Kholil

Masa penjajahan adalah masa-masa yang sulit bagi Bangsa Indonesia. Namun begitu, para tokoh termasuk Kyai Kholil terus berperan aktif dalam pertempuran melawan Belanda. Seorang Kyai tidak boleh membiarkan umatnya terus-menerus ditindas oleh orang-orang dzalim.

Banyak hal yang dilakukan oleh para Kyai dalam upaya kemerdekaan Indonesia. Diantaranya mendidik para santri dengan ilmu pengetahuan, baik agama maupun kebangsaan, sehingga mereka memiliki hati dan mental yang kuat dalam menghadapi setiap perlawanan.

Setiap pahlawan dan Kyai melakukan perannya masing-masing. Dikisahkan, suatu ketika Kyai Kholil menjadikan pondoknya sebagai tempat persembunyian para pejuang. Mengetahui hal itu belanda segera menuju Bangkalan, mereka pun membawa Kyai Kholil dan memasukkannya ke dalam penjara.

Anehnya ketika Kyai Kholil di dalam penjara itu, pintu penjara tidak bisa dikunci, sehingga petugas sampai tidak tidur demi menjaga pintu penjara, khawatir kalau-kalau ada tawanan yang melarikan diri. Sejak Kyai Kholil dipenjara, banyak orang yang iba dan simpati, sehingga ratusan bahkan ribuan orang berbondong-bondong datang ke penjara. Mereka ingin melayani keperluan Kyai Kholil.

Bahkan mereka semua ingin agar mereka dimasukkan ke dalam penjara bersama Kyai Kholil. Karena belanda kuwalahan, akhirnya mereka melepaskan Kyai Kholil dari penjara. Alhamdulillahi Rabbil Aalamiin.

Berbagai sumber

Baca Juga : Kyai Kholil Menolong Penumpang Kapal 

Satu pendapat untuk “Pintu Penjara Tidak Bisa Dikunci Karena Ada Kyai Kholil

  1. Dalam sebuah kisah yg berjudul Surat Kepada Anjing Hitam, Hadratus Syaik KH Kholil memberitahukan pada kita bahwa karomah beliau sungguh luar biasa. Beliau adalah waliyullah terpilih, makamnya tdk pernah sepi dari peziarah. Barokahnya tidak putus meskipun beliau sdh wafat. Alfatihah

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: