Rasulullah Tertawa Bersama Sayidah A’isyah Setelah Berlomba Lari

Diriwayatkan dari A’isyah rodliyallahu ‘anha, ia berkata, “suatu ketika aku ikut dalam perjalanan bersama Rasulullah SAW. Ketika itu aku masih kecil, badanku masih langsing dan tidak seberapa gemuk.

Tiba-tiba Rasulullah bersabda kepada para sahabatnya, “kalian berjalanlah duluan”, maka para sahabat pun mendahului Rasulullah SAW. Kemudian Rasulullah berkata kepadaku, “ayo kita lomba lari”, maka akupun mengejarnya dan akhirnya aku yang memenangkannya, dan beliau tidak berkomentar apa-apa.

Dan di kesempatan yang lain, aku ikut kembali dalam sebuah perjalanan. Ketika itu badanku agak sedikit gemuk, tiba-tiba Rasulullah berkata kepada para sahabatnya, “kalian berjalanlah dahulu”, maka mereka pun mendahului langkah Rasulullah SAW.

Kemudian Rasulullah berkata kepadaku, “ayo kita lomba lari”, maka akupun mengejarnya, tetapi akhirnya beliau yang memenangkannya. Lalu beliau tertawa sambil berkata, “sekarang kita impas”. (HR. Ahmad)

Rasulullah Tertawa Mendengar Gurauan Sayyidah Aisyah

Diceritakan dalam sebuah riwayat, bahwa Adh-Dhahak bin Sufyan Al-Kalabi adalah orang yang tergolog buruk rupanya. Ketika ia sedang dibai’at (untuk masuk Islam) oleh Rasulullah, tiba-tiba ia berkata, “sesungguhnya aku memiliki dua orang istri yang lebih cantik dari pada ini”, sambil menunjuk pada Sayyidah A’isyah yang saat itu sedang duduk ikut mendengarkan bai’at.

Maka berkatalah Sayyidah A’isyah rodliyallahu ‘anha, “mana yang lebih bagus, istrimu atau kamu?” dengan nada bergurau, Adh-Dhahak menjawab, “tentulah aku yang lebih bagus dan lebih mulia darinya”. Maka tertawalah Rasulullah SAW. (HR Daruquthni)

Majdi Muhammad, mawaqif dhahik fiha ar-rasuul wa ashabuhu

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: