Rasulullah Makan Bersama Para Sahabat

Makan berjama’ah sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW, oleh karena itu jika Rasulullah SAW memiliki makanan, beliau senang memakannya bersama para sahabat di majlisnya. Terkadang ada yang datang menghadiahkan makanan kepada Rasulullah. Maka beliau pun mengajak mereka menyantap makaan tersebut bersama-sama.

Samurah bin Jundub radliyallahu ‘anh berkata, “ketika kami sedang bersama Rasulullah SAW, seseorang menghadiahkan se-nampan bubur kepada Rasulullah SAW, maka beliau pun memakannya bersama semua orang yang hadir saat itu. Para sahabat menyantap bubur dalam satu nampan tersebut secara bergantian.

Satu kelompok memakan bubur itu lalu pergi, kemudiaan kelompok yang lain datang menyantap makanan tersebut lalu pergi, demikian seterusnya mereka makan secara bergantian”. Maka sesorang bertanya kepada Samurah bin Jundub, “apakah beliau diberi bantuan makanan?”, ia menjawab, “jangan heran, jika dari bumi tidak, bantuan akan datang dari langit”. (HR. Ahmad).

Rasulullah SAW memiliki nampan yang beliau namakan Al-Gharra’, yang karena begitu besar dan berat dibutuhkan 4 orang laki-laki untuk mengangkatnya. Saat para sahabat telah berkumpul setelah pelaksanaan shalat dhuha, maka nampan tersebut dihidangkan kepada beliau.

Para sahabat lalu duduk mengelilingi nampan tersebut. Ketika jumlah sahabat yang hadir telah banyak, Rasulullah pun duduk di atas kedua lututnya di hadapan nampan tersebut. Seorang badui yang menyaksikan hal ini bertanya kepada beliau, “Wahai Rasul, duduk apa ini?”, Rasul menjawab, “sesungguhnya Allah telah menjadikanku seorang hamba yang santun, bukan hamba yang lalim dan keras kepala”.

Kemudian Rasulullah berkata, “makanlah dari bagian tepi. Usahakan untuk tidak memulai makan dari bagian tengah, maka makanan itu akan diberkahi”. (HR Abu Dawud, Ibnu Majah).

Habib Noval bin Muhammad Alydrus, sehari bersama rasul, taman ilmu 2015

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: