Rasulullah Menghibur Wanita Anshar Yang Kehilangan Bayinya

Suatu hari, berita kesedihan seorang wanita anshar yang kehilangan bayinya terdengar oleh Rasul yang penuh cinta. Getaran kesedihan tersebut beliau rasakan. Rasa cinta dan kasih yang melimpah dalam jiwa beliau membuatnya tidak bisa duduk diam.

Beliau pun segera bangkit menuju rumah sang ibu bersama sejumlah sahabat untuk menghibur hatinya. Sesampainya disana, beliau berkata lembut kepadanya, “kudengar, engkau sedang bersedih?”, wanita itu berkata, “bagaimana aku tidak bersedih, bayiku meninggal dunia, sedangkan aku tidak memiliki anak yang hidup bersamaku”.

Sesungguhnya orang yang tidak memiliki anak adalah ia yang sebenarnya anaknya masih hidup. Ketahuilah, setiap muslimah yang tiga anaknya meninggal dunia kemudian ia mengharap pahala dari Allah atasnya, maka pasti ia mendapatkan surga”, jawab nabi untuk menghiburnya.

Mendengar sabda nabi itu, Umar bin Khattab bertanya, “bagaimana jika hanya dua anaknya yang meninggal wahai Rasul?”, “meskipun hanya dua”, jawab nabi.

Kepekaan terhadap penderitaan orang lain, perhatian terhadap kesedihan seseorang, adalah salah satu yang harus diteladani dari akhlak Nabi Muhammad SAW. Ia hanyalah wanita anshar yang tidak beliau kenal.

Ketika mendengar kesedihan wanita itu, nabi segera datang dan menghiburnya. Siapa yang tidak akan terhibur ketika nabi datang kerumahnya dan mengatakan surga sebagai ganti anaknya, jika ia mau mencari pahala di sisi Allah dengan bersabar atas musibah yang dialaminya.

Habib Noval bin Muhammad Alydrus, sehari bersama rasul, Taman Ilmu 2015

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: