Apa Berita Gembira Untuk Orang Yang Mau Menahan Nafsu?

Apa Berita Gembira Untuk Orang Yang Mau Menahan Nafsu?. Allah SWT menciptakan nafsu di dalam diri manusia agar ia waspada terhadapnya. Nafsu selalu mengajak manusia untuk berbuat yang tidak baik. Apabila manusia menuruti godaan hawa nafsu maka ia akan tersesat dari jalan Allah. Ia akan tenggelam dalam lembah yang gelap dan sangat sulit jika ingin kembali. Nafsu yang telah menguasai jiwa manusia akan menutupi akal dan hatinya. Akal dan hati yang sebelumnya jernih tidak dapat berfungsi dengan baik, kaena mereka telah kotor.

Manusia yang pandai akan selalu waspada terhadap bahaya nafsu. Setiap ada keinginan dan hasrat untuk berbuat maksiat ia selalu berusaha menolaknya. Meskipun nafsu selalu menarik dirinya dengan kuat, ia akan tetap berusaha mmepertahankan pijakannya pada jalan yang benar. Iman dan keyakinn yang selama ini di pelihara jangan sampai lenyap hanya karena menuruti nafsu yang remeh itu.

Pada awalnya menahan nafsu sangat berat dirasakan. Lidahnya harus menahan dari perkataan yang tidak baik, matanya harus menjauh dari pandangan-pandangan negatif, telinganya harus ia jauhkan dari suara-suara fitnah dan adu domba, perutnya harus ia pelihara dari makanan-makann yang tidak halal, pikirannya harus ia jaga dari lamunan dan khayalan-khayalan palsu, dan hatinya harus ia hindarkan dari penyakit-pemyakit hati yang terus berusaha menjangkitnya.

Sungguh perjuangan yang sangat melelahkan. Namun jika ia berusaha keras maka Allah akan memberikan hadiah-Nya

Allah berfirman,

وَالَّذِينَ جَاهَدُوا فِينَا لَنَهْدِيَنَّهُمْ سُبُلَنَا وَإِنَّ اللَّهَ لَمَعَ الْمُحْسِنِينَ

Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, benar- benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan kami. dan Sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik. (QS. Al-Ankabut: 69).

Hadiah Allah itu tidah hanya diberikan nanti di akhirat, tetapi hadian itu telah dirasakannya di dunia ini. Hadiah itu berupa; selalu dijaga Allah dari maksiat, diberi rizki dan anak-anak yang saleh, ibadah-ibadah sunah yang mudah dikerjakan, lezatnya dzikir, manisnya shalat malam, dan segarnya hati saat-saat bermunajat kepada Allah SWT.

Allah berfirman,

لَهُمُ الْبُشْرَى فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَفِي الآخِرَةِ لا تَبْدِيلَ لِكَلِمَاتِ اللَّهِ ذَلِكَ هُوَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ

Bagi mereka berita gembira di dalam kehidupan di dunia dan (dalam kehidupan) di akhirat. Tidak ada perubahan pada kalimat-kalimat (janji-janji) Allah. yang demikian itu adalah kemenangan yang besar. (QS. Yunus: 64).

Mari kita memohon kepada Allah agar digolongkan ke dalam orang-orang yang mendapatkan berita gembira di dunia dan akhirat. Amiin Ya Rabbal Aalamiin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: