Kholil Muda Melihat Berkat Di Atas Kepala Kyai

Kholil Muda Melihat Berkat Di Atas Kepala Kyai. Kyai Kholil Bangkalan adalah nama yang tidak asing di kalangan pesantren, terutama pesantren-pesantren yang ada di pulau Jawa dan Madura. Bagaimana tidak, beliau adalah Kyai besar yang menjadi gurunya pada kyai-kyai pendiri pondok pesantren yang tersebar di Nusantara. Karena kyai Khalil adalah gurunya para kyai, maka beliau mendapatkan julukan Syaikhuna (guru kami).

Hampir seluruh umurnya ia habiskan untuk berdakwah dan mengajar para santri. Karena keikhlasannya dalam menyebarkan ilmu agama, Allah mengangkat derajatnya dan memberikan berbagai kenikmatan kepadanya.

Kenikmatan yang diberikan Allah kepada kekasih-Nya tidak hanya nikmat yang bersifat jasmani, tetapi ada juga nikmat ruhani. Diantara nikmat ruhani adalah kedamaian,ketengangan, cinta kepada Allah, karamah, dll. Dan Kyai Khalil adalah salah satu kekasih Allah yang mendapatkan hadiah karamah dari Allah SWT.

Menurut Syekh Thahir bin Shalih Al-Jazairi, Karamah adalah hal-hal luar biasa yang tampak pada diri seorang wali Allah, tanpa disertai pengakuannya sebagai nabi.

Ketika kyai khalil muda sedang shalat berjama’ah, tiba-tiba ia tertawa terbahak-bahak. Hal itu membuat suasana jama’ah menjadi tidak nyaman, di dalam hati para santri menebak bahwa Kyai -yang saat itu menjadi imam shalat- akan marah kepadanya. Shalat telah usai, tetapi khalil muda masih terus tertawa.

Benar saja dugaan para santri, dengan muka marah Kyai segera mendatangi khalil muda lantas bertanya, “kenapa tertawa di dalam shalat?”, meski ditanya kyai, Khalil muda tidak menghentikan tertawanya, kemudian berkata, “ada berkat (wadah yang berisi nasi dan lauk pauk) di atas kepala Kyai”, kyai tersontak heran, lalu sadar sekaligus malu. Akhirnya, kyai mengaku bahwa ketika shalat berlangsung ia terpikir untuk datang ke acara kenduri, dan karena terburu-buru shalatnya menjadi tidak khusu’.

Berbagai sumber

Baca Juga : Karomah Kyai Kholil

Satu pendapat untuk “Kholil Muda Melihat Berkat Di Atas Kepala Kyai

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: